Senin, 06 Februari 2012

Definisi Agribisnis

Pemahaman agribisnis dilakukan dengan menelusuri asal kata agribisnis yang berasal dari bahasa Inggris, kata Agribusiness merupakan penggabungan kata agri dan business.
Kata agri berasal dari kata agriculture (pertanian). Pertanian dalam arti luas adalah mata rantai proses pemanfaataan atau pemanenan energi surya melalui kegiatan fotosintesis baik secara langsung atau tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia secara berkelanjutan. Bisnis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007) berarti usaha komersial dalam dunia perdagangan. Bisnis dapat diartikan sebagai aktivitas manusia yang bertujuan mencari keuntungan.
Secara lengkap, agribisnis dapat diartikan sebagai proses pemanenan energi surya melalui kegiatan fotosintesis, secara langsung atau tidak langsung yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya secara berkelanjutan dan bertujuan mencari profit.
Secara singkat agribisnis dapat diartikan aktivitas bisnis berbasis pertanian yang berkelanjutan.
Ø  Pengertian Agribisnis Menurut Asal Kata: 
Agribisnis berasal dari kata  Agribusiness, di mana Agri (Agriculture)  artinya pertanian dan  Business artinya usaha atau kegiatan yang mencari profit (keuntungan). Jadi secara sederhana Agribisnis (agribusiness) didefinisikan sebagai usaha atau kegiatan pertanian dan terkait dengan pertanian yang berorientasi profit.  (www.abdulsidik.com).

PENGERTIAN AGRIBISNIS MENURUT PARA AHLI
1.      John Davis and Ray Goldberg (1957)
Agribusiness is the sum total of all operations involved in the manufacture and distributions of farm supplies, production operations on the farm, and the storage processing and distribution of farm commodities and items made from them.
(Memandang agribisnis sebagai seluruhh rangkaian aktivitas produktif beberapa sub-sistem. Walaupun belum memasukkan unsur bisnis, pengertian tersebut memandang agribisnis sebagai suatu system.) (Harling, 1995).

2.      E. Paul Roy (1979)
Agribusiness is the coordinating science of supplying agricultural production inputs and subsequently producing, processing and distributing food and fiber.
(Memandang agribisnis sebagai suatu proses koordinasi berbagai sub-sistem. Koordinasi merupakan fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sub-sistem menjadi sebuah system.)

3.      Kenneth D. Duft (1979)
Agribusiness includes all business enterprises that buy from or sell to farmers. The transactions may involve either a product, a commodity or a service and encompasses items such as:
·         Productive resources (feed, seed, fertilizer, equipment, energy, machinery, etc)
·         Agricultural commodities (all food and fiber)
·         Facilitative services (credit, insurance, marketing,storaging, processing, transportation, packaging, distribution, etc)
(Memandang agribisnis dengan petani sebagai pokok bahasan. Duft dalam pengertiannya memasukkan unsure bisnis dengan tetap berpegangan pada agribisnis sebagai suatu system.)

4.      Bungaran Saragih
Memandang agribisnis sebagai paradigma pembangunan pertanian.

5.      Wikipedia
Agribisnis adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).
Agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran. 

6.      Pengertian Agribisnis menurut Soekartawi (1993)
Agribisnis berasal dari kata agri  dan  bisnis. Agri berasal dari bahasa Inggris, agricultural (pertanian). Bisnis berarti usaha komersial dalam dunia perdagangan.

7.      Pengertian Agribisnis Menurut Sjarkowi dan Sufri (2004)
Agribisnis adalah setiap usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri atau pun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian.
Agribisnis, dengan perkataan lain, adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. Sebagai subjek akademik, agribisnis mempelajari strategi memperoleh keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pascapanen, proses pengolahan, hingga tahap pemasaran.

8.      Pengertian Agribisnis menurut Arsyad dkk
Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari matarantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.

9.      Pengertian Agribisnis Menurut Wibowo dkk, (1994)
Agribisnis mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain.
Dengan demikian agribisnis dapat dipandang sebagai suatu sistim pertanian yang memiliki beberapa komponen sub sistim yaitu, sub sistim usaha tani/yang memproduksi bahan baku; sub sistim pengolahan hasil pertanian, dan sub sistim pemasaran hasil pertanian.

10.  Pengertian Agribisnis menurut Austin
Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi kegiatan usahatani, pengolahan bahan makanan, usaha sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk distribusi bahan pangan dan serat-seratan kepada konsumen.

11.  Pengertian Agribisnis menurut Drillon
Agribisnis adalah sejumlah total dari seluruh kegiatan yang menyangkut manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, kegiatan yang dilakukan usahatani, serta penyimpanan, pengolahan dan distribusi dari produk pertanian dan produk-produk lain yang dihasilkan dari produk pertanian.

12.  Pengertian Agribisnis menurut Cramer and Jensen
Agribisnis adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi : industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian dan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi bahan pangan dan serat-seratan kepada pengguna/konsumen.
13.  Pengertian Agribisnis menurut Muhammad Firdaus
Agribisnis menurut pandangan secara luas, agribisnis mencakup semua kegiatan mulai dari pengadaan sarana produksi pertanian (farm supplies) sampai dengan tata niaga produk pertanian yang dihasilkan usaha tani atau hasil olahannya. (Manajemen Agribisnis, 2009)

14.  Pengertian Agribisnis menurut Downey dan Erickson (1992)
Agribisnis meliputi keseluruhan kegiatan manajemen bisnis mulai dari perusahaan yang menghasilkan sarana produksi bagi usaha tani, usaha proses produksi pertanian, serta perusahaan yang menangani pengolahan, pengangkutan, penyebaran, penjualan secara borongan maupun secara eceran kepada konsumen akhir.

15.  Agribisnis dapat dipandang sebagai suatu sistem pertanian yang memiliki beberapa komponen subsistem yaitu, subsistem usaha tani yang memproduksi bahan baku, subsistem pengolahan hasil pertanian, dan subsistem pemasaran hasil pertanian (www.abdulsidik.com).

16.  Secara lengkap, Agribisnis dapat diartikan sebagai proses pemanenan energi surya melalui kegiatan fotosintesis, secara langsung atau tidak langsung yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya secara berkelanjutan dan bertujuan mencari profit. Secara singkat agribisnis dapat diartikan aktivitas bisnis berbasis pertanian yang berkelanjutan. (http://taman-agribisnis.blogspot.com)

17.  Pengertian Agribisnis menurut Beierlein and Woolverton (1991)
Agribisnis termasuk tidak hanya usaha pertanian di lahan tetapi juga SDM dan usaha yang menyediakan input (benih, kimia, kredit), proses hasil pertanian (susu, biji-bijian, daging), manufaktur produk pangan (es krim, roti, serealia), dan transportasi serta penjualan produk pangan ke konsumen (restoran dan supermarket).
(Agribusiness includes not only those that farm the land but also the people and firms that provide inputs (e.g., seed, chemicals, credit), process the outputs (e.g., milk, grain, meat), manufacture the food products (e.g., ice cream, bread, breakfast cereals), and transport and sell the food products to consumers (e.g., restaurants, supermarkets).

KESIMPULAN
Agribisnis adalah kegiatan manusia dalam bidang pertanian untuk memperoleh  keuntungan dengan mengelola aspek budidaya, pasca panen, proses pengolahan hingga tahap pemasaran yang memaanfaatkan sumberdaya yang ada.



DAFTAR PUSTAKA

http://taman-agribisnis.blogspot.com
http://thianovceria.blogspot.com
Firdaus, Muhammad.2009.Manajemen Agribisnis.Jakarta: Bumi Aksara
www.abdulsidik.com
www.google.com
www.wikipedia.com

1 komentar:

  1. wow lengkap sekali, makasih ya udah mencantumkan salah satu sumbernya... "semangat berbagi"

    BalasHapus